Pengertian Arsy dan letaknya


PENGERTIAN ARSY

Arsy atau dalam bahasa arab ( عَرْش : 'Arasy ) adalah singgasana tertinggi seperti kubah yang memiliki tiang-tiang (1) yang dipikul (2) dan dikelilingi para malaikat. (3)

  • (1) HR.Bukhari dan muslim
  • (2) Surah Al-Haqqah 69:17
  • (3) Surah Az-Zumar 39:75 dan Majalah As-Sunnah Edisi 07/V/1422H - 2001 M, Aqidah Ahlus Sunnah seputar 'Arsy, Hal.26

Pengertian Arsy ini diyakini oleh para manhaj salaf berdasarkan Al-Qur'an dan Hadits. Sebagaimana telah dijelaskan dalam Surah Yunus ayat 3, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman :

إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّـهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ ۖ يُدَبِّرُ الْأَمْرَ ۖ مَا مِن شَفِيعٍ إِلَّا مِن بَعْدِ إِذْنِهِ ۚ ذَٰلِكُمُ اللَّـهُ رَبُّكُمْ فَاعْبُدُوهُ ۚ أَفَلَا تَذَكَّرُونَ ٣

Sesungguhnya Tuhan kamu Dialah Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy (singgasana) untuk mengatur segala urusan. Tidak ada yang dapat memberi syafaat kecuali setelah ada izin-Nya. Itulah Allah, Tuhanmu, maka sembahlah Dia. Apakah kamu tidak mengambil pelajaran? (Q.S. Yunus (10) 3)

FREE QUOTES

Yuk Sebarkan ke social mediamu dengan tujuan memberikan manfaat ke orang lain dengan quotes tersebut, karena semakin banyak postingan-postingan yang berbau maksiat, oleh karena itu sebaiknya kita memberikan postingan yang bermanfaat baik di dunia maupun diakhirat, dan juga sebagai pahala jariyah karena telah menyebarkan postingan kebaikan dan kebajikan


dan masih banyak dijelaskan didalam Al-Qur'an mengenai Arsy ini seperti didalam surah :

  • Surah Thaha 20:5
  • Surah Al-Araf : 54
  • Surah Ar-Ra'd 13:2
  • Surah Furqan 25:59
  • Surah Sajdah 32:4
  • Surah Al-Hadid 57:4

dan telah dijelaskan dari ayat tersebut selain singgasananya Allah Subhanahu wa ta'ala, Arsy juga merupakan pusat pengendalian segala persoalan makhluknya dialam semesta sebagaimana penggalan ayat surah yunus 10;3 yang artinya "Untuk mengatur segala urusan"

LETAK 'ARSY

Sedangkan letak arsy sendiri berada diatas surga firdaus berdasarkan hadits Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam : 

فَإِذَا سَأَلْتُمُ اللَّهَ فَاسْأَلُوهُ الْفِرْدَوْسَ فَإِنَّهُ أَوْسَطُ الْجَنَّةِ وَأَعْلَى الْجَنَّةِ وَفَوْقَهُ عَرْشُ الرَّحْمَنِ وَمِنْهُ تَفَجَّرُ أَنْهَارُ الْجَنَّةِ

"Maka jika kalian meminta kepada Allah, mintalah Al-Firdaus karena sungguh ia adalah surga yang paling tengah dan paling tinggi. diatasnya singgasana sang maha pengasih, dan darinya sungai-sungai surga mengalir." (HR.Bukhari no. 2790 dan no.7423)

PENUTUP

dan itulah sedikit penjelasan mengenai Pengertian Arsy dan letaknya, sebenarnya masih banyak yang perlu diulas ditunggu artikel berikutnya mengenai arsy, admin merangkum artikel ini agar mudah dipahami pembaca dan telah ditelusuri dengan sangat hati-hati dan dari sumber yang terpercaya yaitu dari :

  1. Al-Qur'an Al-Haqq (Dasar dari pembuatan artikel (ide untuk menerangkan penjelasan mengenai arsynya Allah ta'ala))
  2. Muslim.or.id (didalamnya menjelaskan mengenai arsy melalui al-qur'an dan hadits dan pendapat para ulama salaf)
  3. Wikipedia (didalamnya menjelaskan secara lengkap mengenai arsy melalui al-qur'an dan hadits dan juga terdapat nomor haditsnya dan keshahihannya)

Semoga bermanfaat 
Barakallahu fikum
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

2 Responses to "Pengertian Arsy dan letaknya"

Donasi Dakwah
Dailymuslim_id
gambar
Operasional Website, Domain, maintenance, editor, jaringan, dll. yuk donasi melalui :

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel