Tafsir Surah An-Nahl 98 | Membaca Ta'awudz Sebelum Baca Al-Qur'an


PEMBUKAAN

Dailymuslim_id - Al-Qur'an adalah kitab suci umat islam yang kita yakini sebagai petunjuk yang datang langsung dari Allah Azza wa jalla, yang diturunkan melalui malaikat Jibril (Malaikat pemberi wahyu) kepada salah seorang yang kita cintai dan kita teladani, semoga Allah menambah rahmat dan keselamatan yang tak terkira padanya. yaitu Nabi yang terakhir Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam. Al-Qur'an sendiri bukan hanya untuk umat islam saja, akan tetapi diturunkan untuk seluruh umat manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak memperhatikan.

INTI ARTIKEL DAN DALIL

Saat kita membaca Al-Qur'an hendaknya terlebih dahulu kita membaca Ta'awudz dan membaca Basmallah, Allah menyuruh kita untuk memohon perlindungan sebelum membaca Al-Qur'an yang biasa kita baca lafadz Ta'awudz. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman :


"Maka apabila engkau (Muhammad) hendak membaca Al-Qur'an, Mohonlah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk" (Q.S. An-Nahl (16) 98)

QUOTES

Yuk Sebarkan sebagai Pahala Jariyah karena Menyebarkan kebaikan dan dakwah islam
insyaallah Quotes yang antum sebarkan akan diberi balasan oleh Allah berupa pahala 


TAFSIR IBNU KATSIR

Ini merupakan perintah dari Allah Ta'ala kepada hamba-hambanya melalui lisan Nabi-nya, Muhammad, Yaitu jika mereka akan membaca Al-Qur'an, Maka hendaklah mereka meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk. Perintah ini bersifat anjuran, bukan kewajiban, kesepakatan mengenai hal itu diceritakan oleh Abu Ja'far bin jarir dan imam-imam lainnya.

BACAAN TA'AWUDZ

Mayoritas umum bacaan taawudz adalah :


A'udzu billahi mina syaitanir rajiim (Artinya : Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk)

dan juga bacaan sesuai sunnah yang dibaca sebelum membaca Al-Fatihah ketika dan setelah doa Istiftah ketika shalat, yaitu :


"Aku berlindung kepada Allah dari syaitan yang terkutuk, dari kegilaannya, kesombongannya, dan sya'irnya yang tercela." (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, dan ad-Daruquthni. Dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Shifatu Shalaatin Nabi Shalallahu alaihi wasallam.)

atau bisa juga :


"Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar, Maha mengetahui dari syaitan yang terkutuk" (HR. Abu Dawud, dan at-Tirmidzi Dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Shifatu Shalaatin Nabi Shalallahu alaihi wasallam.)

Pembacaan Ta'awudz bolah dipakai ketika memulai di tengah ataupun diawal surah, sebagaimana surah An-Nahl menjelaskan sebelumnya : "Maka apabila engkau (Muhammad) hendak membaca Al-Qur'an, Mohonlah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk" (Q.S. An-Nahl (16) 98). jadi disurah terdapat kata "Hendak" oleh karena itu tidak masalah jika membaca di awal dan ditengah surah. kecuali surah At-Taubah yang tidak dibacakan Lafadz Bismillah dan Ta'awudz, dan tidak ada lafadz bismillah diawal surah dalam Al-Qur'an
dan itulah sedikit penjelasan mengenai adab sebelum membaca Al-Qur'an, yaitu membaca ta'awudz atau memohon perlindungan sebelum membaca Al-Qur'an.

Wallahu a'lam bishawab (Hanya Allah yang lebih mengetahui)

Artikel Lain :
  • Kenapa Surah At-Taubah tidak baca Basmallah
  • bacaan Shalat seseuai sunnah

Insyaallah postingan ada di artikel lain sesuai judul selama sudah dibuat oleh admin

Semoga Bermanfaat
Barakallahu fikum 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

SUMBER :
  • Al-Qur'an surah An-Nahl ayat 98
  • Rumaysho
  • Konsultasi Syari'ah
  • Tafsir Ibnu Katsir Al-Qur'an Mulia
  • Buku Saku Meneladani Shalat dan Wudhu Nabi Shalallahu alaihi wasallam pustaka ibnu umar oleh Syaikh 'Abdullah b.'Abdurrahman al-Jibrin

0 Response to "Tafsir Surah An-Nahl 98 | Membaca Ta'awudz Sebelum Baca Al-Qur'an"

Post a Comment

Donasi Dakwah
Dailymuslim_id
gambar
Operasional Website, Domain, maintenance, editor, jaringan, dll. yuk donasi melalui :

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel