Orang pertama yang mengetuk pintu Surga



Orang yang mengetuk pintu surga pertama kali adalah Rasulullah shalallahu'alaihi wa sallam, sangat beda dengan para Nabi lainnya, bahwasanya beliau shalallahu'alaihi wa sallam juga adalah manusia yang dibangkitkan pertama kali di akhirat, dll. sebagaimana sabda beliau,

Dari Anas bin Malik Radhialallahu'anhu , dia berkata. Rasulullah shalallahu'alaihi wa sallam bersabda,

"Aku adalah orang pertama yang keluar dari kubur saat manusia dibangkitkan, aku adalah pembicara dihadapan mereka manakala mereka telah siap mendengar, aku adalah pemimpin mereka manakala mereka datang, aku adalah pemberi syafa'at mereka manakala mereka tertahan, aku adalah pemberi mereka kabar gembira manakala mereka putus asa, panji al-hamd ada di tanganku, kunci-kunci surga pada hari itu di tanganku, aku adalah anak Adam paling mulia di sisi Tuhanku pada hari itu tanpa membanggakan, aku dikelilingi seribu pelayan yang mereka semuanya seperti mutiara terseimpan. (HR. At-Tirmidzi no.3610 dan beliau berkata "Hadits hasan Gharib")

Dalam Shahih Muslim, dari hadits al-Mukhtar bin Fulful, dari Anas Radhiallahu'anhu, dia berkata, Rasulullah shalallahu'alaihi wa sallam bersabda,

أَنَا أَكْثَرُ الأَنْبِيَاءِ تَبَعًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَأَنَا أَوَّلُ مَنْ يَقْرَعُ بَابَ الْجَنَّةِ

"Aku adalah nabi yang paling banyak pengikutnya pada Hari Kiamat, dan aku adalah orang yang pertama yang pertama mengetuk pintu surga." (HR. Muslim, no.196)

ARTIKEL DAILYMUSLIM_ID
Artikel ini di tulis oleh Mohammad Aidul Azis pada tanggal 24 Muharram 1441H / 23 September 2019 M

DAFTAR PUSTAKA
Sumber awal : Mukhtashar Hadil Arwah Ila Biladil Afrah karya Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah Rahimahullah
Sumber : Kemegahan & Keindahaan Surga serta para penghuninya , Pustaka Darul Haq oleh Dr. Ahmad bin Utsman al-Mazyad

0 Response to "Orang pertama yang mengetuk pintu Surga"

Post a Comment

Donasi Dakwah
Dailymuslim_id
gambar
Operasional Website, Domain, maintenance, editor, jaringan, dll. yuk donasi melalui :

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel